Miski Sudah Lama Merdeka “Warga Korong linggeh” Masih Jauh dari Kejahtraan&Pembangunan Yang Berkeadilan, Bupati di-Minta Dengar Asfirasi dan Keluhan Warga

  • Whatsapp

Pariaman, Gejolak.com– Linggeh Sebuah Dusun yang terletak di-Desa Kotohillalang Kecamatan V koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman Propinsi sumbar,

Yang Berpenduduk lebih kurung 300 KK, Sangat mendambakan Pembangunan Infrastruktur Jalan, dari Pemerintah  Kabupaten Padang Pariaman / Propinsi Sumbar,

Bacaan Lainnya

Hal itu sangat wajar menjadi dambaan masyarakat setempat.

Bercerita tentang Dusun linggeh, Kampung ini sudah dihuni oleh Penduduk hampir dua setengah abad lamanya, jauh sebelum Kemerdekaan Bangsa ini diproklamasikan sebagai Bangsa yang merdeka,Korong lenggeh sudah dihuni oleh Penduduk secara turun temurun, namun dambaan masyarakat atas Pembangunan infrastruktur Jalan, antuk mempermudah rentang kendali masyarakat, antar dusun, Desa, Kecamatan, Kebupaten masih sulit terjangkau karena buruknya Pembangunan jalan di- Dusun linggeh hal ini disampaikan Tokoh masyarakat Setempat Aliumar kepada Gejolak.com,  selasa tanggal 13/ 9-2022.

Kembali bercerita tentang Dusun linggeh disampaikan Aliumar, yang sekarang sudah berganti nama dari Dusun/Kerong linggeh, Desa koto hilalang/kini Kanagarian sikucur timur Namun Kacamatan tetap bernama kec lima koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman/ Propinsi Sumbar.”ujarnya.

Pria 55 tahun kelahiran Linggeh ini menjelaskan bahwa Korong linggeh (Dusun linggeh) dulu jauh lebih maju dari korong- korong, (Dusun-Dusun) lain yang ada dikanagarian sikucur timur  ( Desa koto hilalang)
Diera tahun 1980, Kabupaten Padang Pariaman  di-Pempimpin oleh Bupati Anas malik,
Beliau cukup Perhatian kepada Dusun lenggeh, Anas Malik  membangun jalan dan sekolah SDN Inpres linggeh di-Dusun Lenggeh sampai saat ini sangat bermampaat Bagi masyarakat Dusun lenggeh.

Bahkan sekolah tersebut telah banyak mencetak intlektual,  Alumni SDN Inpres Lenggeh tersebut banyak bekerja sebagai Abdi Negara, TNI, Hakim, Jaksa, Polri, Guru, Jurnalis dan sebagainya.

Namun seiring berjalan waktu dan Bergantinya Kepemimpinan dipemerintahan di- Kabupaten Padang Pariaman, antah sudah berapa kali Pejabat Bupati dari tahun 80 han sampai saat ini berganti.

Pembangunan dikorong linggeh yang mulai menggeliat diera tahun 80 itu, kini mulai ketinggalan dari korong- korong yang ada dikanagarian sikucur timur, dijelaskan Aliumar tokoh masyarakat setempat yang Bekerja diaparatur Kepolisian Berpangkat Kompol tersebut.

Lebih lanjut Beliau meminta kepada intlektual cerdik Pandai Alim ulama, tokoh masyarakat yang lahir  dikorong linggeh, baik yang ada dirantau, maupun yang ada dikampung, mari kita berjuang, Bersatu Perjuangkan Pembangunan kampung halaman  kita ini, untuk kemajuan masa depan  sanak kemanakan, anak  Cucu kita yang akan datang
Kalo perlu suatu saat  nanti kita kumpul bersama  dan kita jumpai Wakil Rakyat, DPRD, Bupati Padang Pariaman, sampaikan asfirasi kita, minta keadilan Pemberataan Pembangunan, sebagai mana amanat Perundang- undangan berlaku dinegara ini.” Tegasnya.

Sepajang Pengatahuan Penulis yang lahir dikorong linggeh, secara SDM korong linggeh tidak ketinggalan dari Daerah Korong lain, yang ada di- Kabupaten Padang Pariaman.
Korong linggeh telah banyak melahirkan  Sarjana,  bekerja sebagai Abdi Negara, bahkan Rata-rata anak- anak Generasi korong linggeh hampir  mengeyan  Pendidikan setingkat lulusan SMA.

Dalam Perbincangan Penulis  dengan Mantan Bupati Drs. Ali Mukni sewaktu masih  atif menjabat sebagai Bupati Padang Pariaman Mengakui bahwa korong linggeh tersebut tanah kelahiran leluhurnya, beliau pernah berjaji dan berkata kepada Penulis, membangun Infrastruktur jalan kekorong linggeh tersebut  akan jadi skala Proritasnya, sesuwai dengan kebutuhan masyarakat menjalang akir jabatannya sebegai Bupati waktu itu.

Namun apa hendak dikata, walaupun kampung Korong linggeh kaya SDM,
Namun miskin Pambangunan, terlihat korong linggeh saat ini sangat terdisolir dari korong lainnya yang yang ada daerahnya Kabupaten Padang Pariaman Sumbar.

Saat ini untuk menperbaiki Pembangunan Infrastruktur Jalan yang Rusak yang sangat memprihatinkan itu,
Masyarakat korong linggeh ratin menggelar Goro bersama tampa terpantau Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman.

Harapan masyarakat Korong linggeh terhadap Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman yang dipimpin oleh Bupati Suatri Bur, bisa melihat dan mendengar asfirasi dan keluhan dari Rakyatnya, dan bisa menberi rasa keadilan sosial begi seluruh rakyat Pariaman, tampa melihat suku, jabatan, Gelongan atau kelompok, sesuwai dengan nawacipta kemerdekaan yang berdaulat dan berkeadilan.(Taherman)

Pos terkait