Kesenian Adat Budaya, Olah Raga Korong Linggeh Maju Dan-terus Berkembang

  • Whatsapp

Pariaman, Gejolak.com-Korong Linggeh, adalah sebuah Kampung, yang terletak, di- Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Kecamatan Limo Koto Kampung Dalam Kanagarian sekucur Barat,
Sebelumnnya Bernama Desa Koto Hilalang, Dusun Linggeh, Propinsi Sumatrabarat, dengan Jumlah Penduduk lebih Kurang 200 Kepala Keluarga. ( KK).

Ditahun 1980 han, Dusun Linggeh adalah sebuah perkampungan boleh dibilang kampung yang tertinggal dan sangat terdisolir, Baik secara Pembangunan Infrastruktur, Maupun Pembangunan Sumberdaya Manusia(SDM) Boleh dikatakan jauh tertinggal dari Daerah lainnya, dikabupaten Padang Pariaman, Penduduknya, masih Primitif.” Waktu itu.

Taherman Tanjung
Pemimpin Redaksi Media Gejolak.com

Namun Berjalannya waktu, Dusun Linggeh ( Korong Linggeh) terus berbenah, baik Pembangunan infrastruktur maupun SDM yang ada, Korong Linggeh kini terlihat jelas terus berkembang.

Misalnya secara SDM, linggeh tidak Kalah dari Daerah lainnya, yang ada di-Kabupaten Padang Pariaman, Generasi Penurus intlektual yang lahir di-Dusun Linggeh, ( Korong linggeh)
juga Banyak bekerja di-intansi-intasi, Pemerintahan, Polri, TNI, dan Pengadilan, Kejasaan, Guru-Guru Pendidikan disekolahan, Pegawai Negri Sifil (PNS) dinegri ini.

Yang dulunya Kampung tersebut, tak jarang jadi Pameo, atau ejekan, daerah lainnya yang ada di- Kabupaten Pariaman, dan tidak Pernah diperhitungkan sama sekali waktu itu.

Penulis yang juga dilahirkan dikampung, Korong linggeh yang tau betul kondisi Kampung Dusun Lenggeh di-era delapan puluhan yang lalu, betul- betul sangat terdisolirnya, kami sangat Primitif di-era zaman itu.

Alhamdulillah Kampung yang kini sudah Berganti Nama, dulu bernama Dusun Linggeh, Kini Korong Linggeh.

Secara kesenian adat dan Budaya Korong linggeh, juga tidak tertinggal dari Daerah lainnya di- Kabupaten Padang Pariaman, misalnya dengan adat istidat, agama, Budaya, olah Raga, Lenggeh ini dari dulu sudah memiliki, Klub Persatuan olah Raga, Persatuan Olah Raga Lenggeh ( Porling), Porling ini sudah terbentuk sudah cukut lama,
Bahkan Penulis masih kecil waktu itu Porling sudah Berdiri.
Hari ini Klub Tim Ps Pobsal Porling, walaupun terlahir di-Daerah Perdusunan mereka sudah bisa berbicara/ diperhitungkan dilepel tingkat Kenagarian, Kecematan, Maupun ditingkat Kabupaten Padang Pariaman ( Propinsi sumbar)
Bravo Porling,
Junjung tinggi Sportifitas,
Bangun Negri dengan olah raga

Penulis Pemimpin Redaksi Media Gejolak.com.